PENUTUPAN DIKLAT PIM III AK. III DI LINGKUNGAN PEMERINTAH KOTA JAYAPURA
Wakil Walikota Jayapura menutup secara resmi Diklat PIM III AK III 2029

By BKPP KOTA JAYAPURA 28 Nov 2019, 16:39:15 WIB Berita
PENUTUPAN DIKLAT PIM III AK. III DI LINGKUNGAN PEMERINTAH KOTA JAYAPURA

Keterangan Gambar : Wakil Walikota Jayapura didampingi Kepala BKPP dalam Acara Penutupan Diklat PIM III


Kegiatan Penutupan Diklat PIM III Angkatan III Tahun 2019 di lingkungan Pemerintah Kota Jayapura dilaksanakan pada hari kamis tanggal 28 November 2019 bertempat di Aula Sian Soor Kantor Walikota Jayapura - Entrop. Dalam Laporan Penyelenggara Diklat yang disampaikan oleh Kepala Bidang Kediklatan Richard Suebu, ST, M.Si bahwa dasar pelaksanaan adalah :

  1. PP Nomor 11 Tahun 2017 Tentang Manajemen ASN;
  2. Surat Keputusan Kepala LAN RI Nomor 193/XIII/10/6/2001 tentang Pedoman Penyelenggaraan Pendidikan dan Pelatihan Jabatan PNS;
  3. Surat Keputusan Kepala LAN RI Nomor 19 Tahun 2015 tentang Pedoman Penyelenggaraan Pendidikan dan Pelatihan Kepemimpinan Tingkat III;
  4. Surat Rekomendasi LAN RI Nomor 587/D.3/PDP.03.6 Perihal Penyelenggaraan Diklat PIM;
  5. Surat Ijin Penyelenggaraan Diklat PIM Tk. III BPSDM Prov. Papua Nomor : 893/179/BPSDM;
  6. DPA BKPP Kota Jayapura T.A. 2019.

Masih dalam laporannya tujuan Diklat ini dalam rangka meningkatkan kompetensi kepemimpinan pejabat struktural esselon III yang akan berperan dan melaksanakan tugas dan fungsi kepemerintahan di masing - masing instansi dan terciptanya kesamaan visi dan dinamika pola pikir dalam melaksanakan tugas pemerintahan umum dan pembangunan demi terciptanya GOOD GOVERNANCE. Kurikulum dan jumlah jam pembelajaran berpedoman pada kurikulum yang ditetapkan oleh LAN RI di tambah dengan muatan DEPDAGRI dan Muatan Lokal, jumlah JP sebanyak 825 jam dengan waktu yang diperlukan selama 93 Hari Kerja yang dibagi menjadi 28 Hari Kerja Pembelajaran Klasikal dan 65 Hari Kerja Pembelajaran Non Klasikal, pada saat pembelajaran klasikal peserta diasramakan dan diberikan kegiatan olahraga jasmani/mental sebanyak 24 JP. Tenaga pengajar terdiri dari Widyaiswara dan pejabat struktural dari LAN RI, Widyaiswara dari Pemerintah Prov. Papua, Widyaiswara dan Pejabat Struktural dari Pemerintah Kota Jayapura dan Tim MFD dari Batalyon MARHANLAN X Jayapura. Waktu pelaksanaan diklat dimulai pada tanggal 24 s/d 12 Oktober 2019 bertempat di Kampus Aparatur Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan Kota Jayapura. Peserta diklat berjumlah 20 (dua puluh) orang dan peserta yang dinyatakan lulus sebanyak 19 orang dan 1 orang tidak lulus, dengan peringkat 5 terbaik sesuai Surat Keputusan Kepala BKPP Kota Jayapura Nomor : 002 Tahun 2019 Tentang Penetapan Kelulusan Peserta Diklat PIM III Angkatan III di Lingkungan Pemerintah Kota Jayapura adalah atas nama Elny Julan Bonay, SP; Zusana Marlissa, SE, M.Si; Wasronah, S.Sos, M.Si; Jenny Suebu, S.Sos; dan Dionisius J.A. Deda, S.STP.

Dalam sambutan Walikota Jayapura yang disampaikan oleh Wakil Walikota Jayapura Ir. H. Rustan Saru, MM bahwa Diklat PIM III merupakan persyaratan Kompetensi Kepemimpinan Aparatur Pemerintah sesuai dengan Jabatan Struktural Eselon III, yang dimaksudkan untuk mencapai kesamaan pola pikir yang dinamis dan bernalar agar memiliki wawasan pengetahuan yang komprehensif dan semangat pengabdian yang diorientasikan kepada pelayanan prima dan pengembangan partisipasi masyarakat. Kompetensi kepemimpinan bagi Pejabat Eselon III sangatlah diperlukan dalam upaya mendukung tugasnya terkait posisinya dalam penyelenggaraan pemerintahan, pembangunan dan pemberdayaan masyarakat secara berkelanjutan. Tugas Pemerintah yang hadir untuk melayani kepentingan masyarakat tentunya harus menyesuaikan perkembangan kebutuhan yang ada di masyarakat dengan bekerja menjalankan birokrasi ini memiliki tingkat daya kerja yang lebih efisien dan efektif dari waktu ke waktu. Apalagi dalam menghadapi tantangan global saat ini, seorang birokrat dituntut harus memiliki kualitas dan produktifitas kerja maksimal. Yang mana, saat ini kita sebagai birokrat terus disorot kinerja kita oleh masyarakat yang menginginkan efisiensi, efektifitas, kualitas dan produktifitas pelayanan publik terus ditingkatkan. Melihat Kompleksitas masalah sekarang ini, tentunya dalam menjalankan organisasi memerlukan pemimpin yang berorientasi pada corak kepemimpinan kekinian. Kepemimpinan yang saya maksudkan disini adalah dia yang mampu membawa organisasi sesuai dengan asas-asas manajemen modern, sekaligus bersedia memberikan kesejahteraan dan kebahagiaan kepada bawahan dan masyarakat luas. Saya mengajak kita semua mari tingkatkan pelayanan yang baik dan profesional setelah mengikuti diklat ini dan mengimplementasikan dan teruskan sebaik-baiknya proyek perubahan yang telah kita laksanan, ingat pengawasan masyarakat saat ini kepada ASN Kota Jayapura 24 Jam karena masyarakat dapat langsung melapor kepada Walikota maupun Wakil Walikota melalui SMS atau TELEPON langsung.

Ucapan terima kasih kepada BKPP dan pihak - pihak yang terkait sehingga Diklat ini bisa berhasil dengan baik di mana dari 20 Peserta hanya 1 peserta yang tidak lulus itu pun karena mengundurkan diri. Akhirnya, dengan ijin dari Tuhan Yang Maha Esa maka Pelaksanaan Diklat PIM III Akngkatan III di Lingkungan Pemerintah Kota Jayapura Tahun  2019 saya Tutup secara Resmi mewakili Walikota Jayapura.




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment